Ciri Jantan dan Betina Pada Murai Batu

Ciri murai batu jantan adalah sebagai berikut:

- Mempunyai tubuh lebih besar

- Mempunyai kepala yang lebih besar dan lebih lebar

- Ekor lebih lebar dan panjang

- Kaki lebih panjang dan jika di teliti, murai batu anakan jantan mempunyai sisik yang lebih kasar dari pada betina.

- Paruh lebih panjang, lebih kokoh dan terlihat lebih tebal

- Bulu putih yang ada di punggung melebar

- Mempunyai bulu hitam yang lebih berkilau

www.refreshindonesia.com

Nah, untuk ciri murai batu anakan betina adalah sebaliknya.  Tapi umumnya ciri-ciri ini juga tidak seratus persen benar, mengingat terkadang, ada juga anakan murai batu betina yang mempunyai ciri-ciri sebagaimana murai batu jantan dan sebaliknya.

Mungkin ini bisa membantu bagi yang ingin melihat murai batu betina.  Indukan murai batu betina sedang mengangkut sarang untuk di bawa ke kotak sarang :

 

Murai Batu Medan Jantan

Murai Batu Medan Jantan

Tapi paling tidak yang saya sebutkan di atas bisa menjadi tolak ukur untuk membedakan  anakan murai batu.  Ciri-ciri tersebut sebagian besar di jumpai pada anakan murai batu jantan, dan tidak di miliki oleh murai batu betina.  Dalam hal ini sangat di butuhkan pengalaman dalam mengamati anakan murai batu.

Anakan yang belum jelas jenis kelaminnya

Anakan yang belum jelas jenis kelaminnya

Menurut pengalaman saya, jika ada murai batu anakan yang masih belum jelas jenis kelaminnya, maka saya akan menyendirikan dan menunggu hingga terlihat jelas jantan dan betinanya seperti yang bisa di lihat di foto diatas yang saya ambil dari usaha coffee shop saya.  Memang tidak jarang, burung seperti betina, tapi setelah di pelihara menjadi jantan dan sebaliknya.  Terkecuali anakan tersebut sudah mempunyai ciri-ciri yang jelas.  Setelah terlihat di umur 2 hingga 3 bulan, baru saya berani menjual ke pembeli.  Tentu saja, setelah jelas, jantan atau betinanya.

Seperti foto di bawah ini adalah anakan yang sudah jelas di ketahui jenis kelaminnya yaitu betina.  Walaupun mempunyai warna yang hitam pekat, di sebagian warna bulunya yang sudah mulai tumbuh, tapi murai anakan ini betina.

Murai batu betina bakalan

Murai batu betina bakalan

Berikut adalah contoh video anakan murai batu yang sudah bisa di bedakan mana yang jantan dan betina:

Sedangkan ini adalah video murai batu jantan yang sudah dewasa:

Semoga bisa membantu :D

www.refreshindonesia.com


Lihat tulisan lain di daftar isi disini..

About these ads
  1. Oktober 30, 2010 pukul 1:28 pm | #1

    Salam jumpa kembali Pak , saya hanya ingin bertanya harga Sepasang Murai batu Medan hasil penangkaran barapa ya ? terima kasih atas perhatian nya

  2. Isra IIS
    Desember 21, 2010 pukul 8:25 am | #3

    boleh tanya pak…
    untuk bibit siap kawin sepasangnya brapa pak.. lokasi di Curup Propinsi Bengkulu..
    trimakasih..

  3. mirza di palembang
    Januari 16, 2011 pukul 3:56 am | #4

    pak,harga anakan murai batu medan berapa ya,,,saya mau belikan untuk hadiah ayah saya,,,trmksh

    • April 17, 2013 pukul 4:30 am | #5

      Pak sy mau naya harga muarai batu medan yg anakan yg umur 3 bulan berapa ya.. Dan bisa di kirim ke bekasi gak klu bs hub:082125591407 tolong di balas ya pak sy lagi butuh burung murai buat sy jual lg mksh

  4. arlin
    Januari 21, 2011 pukul 4:26 am | #6

    PAk klu MB medan jantan anakan sdh bs mkn sndiri brp???
    ongkosnya k Palembang brp
    hub; 081377716366 butuh….

    • April 16, 2012 pukul 5:09 am | #7

      100rb ja pak.. tpi mauny saya hri ni pak.

  5. amrudin
    Januari 26, 2011 pukul 6:19 am | #8

    halo saya hobis burung berkicau lokasi bali..saya mau tau untk beli anakan murai batu medan di mana yah ? ths

  6. zainal
    Februari 14, 2011 pukul 3:24 am | #9

    saya sdg cari indukan / sepasang murai batu medan siap bertelur, ada gak pak, berapa harganya, untuk alamat jakarta brp ongkos kirimnya, thanks zainal 0818789454 (serius)

  7. Februari 18, 2011 pukul 4:17 am | #10

    nggk ada

  8. ida
    Mei 21, 2011 pukul 9:52 am | #11

    pak kalau boleh tau , sidoarjonya dimana?

  9. agus sutanto
    Februari 11, 2012 pukul 10:03 am | #12

    Salam jumpa pak.. Saya mau beli murai ƔªϞƍ msh anakan tp ƔªϞƍ sudah bs makan sendir. Almt sya ∂ï jkt. Hub sya 08568117225. Thx. Butuh

  10. harlianto setiawan
    Februari 11, 2012 pukul 10:16 am | #13

    harga anakan jantan medan berpa bosss,sampai jogja total jadi brp

  11. erwin
    April 1, 2012 pukul 1:26 pm | #14

    om….. Saya mw nanya ne brp harga MB yg masih umur 3bln??
    Truz klo d jakarta dmn tempat’y??

  12. abie chayank amie
    April 11, 2012 pukul 5:14 pm | #15

    mas saya inggin nanya berapa harga murai batu medan anakan yang bisa makan pilet
    saya tinggal di palembang
    saya inggin harganya terjangkau sekitar 300 rb

  13. Johan
    April 15, 2012 pukul 3:40 am | #16

    wah, dosa neh orang. ditanya kok nggak ngejawab. wkwkwkkwk….

  14. Johan
    April 15, 2012 pukul 3:41 am | #17

    Ikutan nanya deh. kalau MB digoreng kira2 dagingnya enak nggak ya? saya mau tuh bayarin 10 ribu buat MB gorengnya.

  15. April 23, 2012 pukul 1:21 pm | #18

    om, aku lg belajar tentang mb nih, so mohon bimbingan, ama nasehatnya yah

    lg belajar membedakan jenis kelamin nih pada mb

    ini penampakanya

    http://i302.photobucket.com/albums/nn109/kevin_agus29/IMG-20120423-00394.jpg

    http://i302.photobucket.com/albums/nn109/kevin_agus29/IMG-20120423-00391.jpg

    http://i302.photobucket.com/albums/nn109/kevin_agus29/IMG-20120423-00390.jpg

    nah mb ini jantan apa betina yah, kalau jantan liat dari apanya, kalau betina liat dari apanya makasih

  16. husain alaydrus
    Juni 9, 2012 pukul 12:05 pm | #19

    om sya mo nnya,sya bru aja beli murai baklan yg ktax jantan,dengan ekor panjang dgn ekor pada bagian putihnya hampir sejajar dgn ekor hitamx..kira2 jantan apa betina ya om

  17. April 27, 2013 pukul 6:23 am | #20

    berapah anakan murai batu

  18. trisna
    Mei 12, 2013 pukul 12:54 pm | #21

    ada gak yang 1000 seribu MBnya?

  19. Ririn
    Juni 18, 2013 pukul 9:27 am | #22

    Bos ku mau tanya harga murai batu asli medan berapa untuk burung yang tingal perawatan / meneruskan bunyi …..?

    bisa kabari saya 081513640761 / 081280250914

    Terim kasih

    Ririn

  20. zun lariko
    Juli 11, 2013 pukul 11:28 am | #23

    peternak burung@ kalo gak pake kirim berapa, trus jaminan nya apa kalo misalkan burung yang di beli itu bukan murai batu medan ???
    ada ring nya gak MB nya

  21. September 7, 2013 pukul 2:12 pm | #24

    bos MB anakan medan jantan harga brp plus ongkir kirim ke pangkalan bun ( KALTENG )

    • sriraharjo
      September 28, 2013 pukul 4:08 am | #25

      maaf tnya apakah pejantan bisa bertelur.

  22. Januari 20, 2014 pukul 2:45 pm | #26

    murai jantan anak umur 3bln berapa?

    • Januari 20, 2014 pukul 2:57 pm | #27

      cuma mau menawarkan ulat hongkong aja untuk pakan burung. Saya bergerak dalam bidang budi daya ulat hongkong

  23. Februari 24, 2014 pukul 6:44 am | #28

    bos kalau murai medan super berapa kira2 ? kalau ada apa bisa kirim, tempat saya malang

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: