Inilah Cara Mengobati Penyakit Tetelo Pada Burung Murai Batu

Setelah berhasil di obati dan sembuh, selang beberapa bulan burung yang pernah terkena tetelo ini kambuh lagi. Akhrinya, saya beri obat yang sama saat dulu dia sakit. Saat ini kondisinya sudah membaik. Perlakuannya juga sama, saya  masukkan ke dalam inkubator biar badanya hangat setelah saya berikan obat yang bisa kita dapatkan dengan mudah di pasar burung ini.

Obat yang saya berikan ini hanya bertuliskan “obat saraf”. Tidak ada merek atau penanda khusus. Hanya kemasanya yang berwarna biru dengan tutupnya yang meruncing agar memudahkan kita saat memasukkan ke dalam mulut burung. Cuma, dalam memberikannya harus hati-hati karena kalau salah memasukan burung bisa sesak dan mati. Hal tersebut bisa terjadi karena dalam mulut burung murai batu ternyata ada dua lubang. Satu lubang ke pencernaan dan satunya lagi adalah lubang ke pernafasan. Bila orang awam, maka bisa salah memasukan obat ke saluran pernafasan.

Dosisnya hanya tiga tetes dan di berikan tiga kali dalam satu hari. Untuk piyik anakan murai batu dosis yang di berikan hanya dua tetes dan juga sama setiap tiga kali sehari. Dalam keterangannya, obat harus di hentikan bila burung sudah sembuh. Saya sebagai pengguna, tentu saja hanya bisa mengikuti petunjuk dari obat ini.

Ada youtuber yang bertanya apakah obat ini 100% manjur? Tentu saya tidak bisa menjawabnya. Seperti dalam video, bila ingin lebih pasti silahkan datang ke dokter hewan. Dalam video ini kita hanya sharing pengalaman dan kebetulan penghobi lain juga memiliki pengalaman yang hampir sama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s